Rutan Pelaihari Lakukan Razia di Blok Tahanan

PELAIHARI, AMACOMEDIA.COM- Rumah Tahanan Negara (Karutan) Klas IIB Pelaihari sekitar pukul 17.30 Wita mengadakan razia dadakan di blok dan kamar hunian yang di pimpin langsung oleh Karutan, Budi Suharto,sebelum memulai kegiatan seluruh petugas dikumpulkan di depan Rutan untuk menerima arahan.Senin (11/02/2019).

Razia dilaksanakan guna meminimalisir masuknya barang-barang yang dilarang. Menurut dia, akhir tahun ini pihaknya ingin memastikan agar Rutan Pelaihari bebas dari narkoba, HP dan barang-barang yang dianggap membahayakan lainnya.

” Penggeledahan yang dilakukan merupakan langkah progresif dan wujud nyata komitmen Pemasyarakatan dalam memberantas narkoba,” ujar Budi Suharto kepada amcomedia.com di sela sela kesibukan.

“Razia ini juga untuk memastikan keamanan dalam Rutan apakah sudah sejalan dengan aturan dan arahan yang sudah kami sampaikan, utamanya melihat adakah barang yang disusupkan di kamar warga binaan ” tambah Budi Suharto.

Menurutnya, penggeledahan tersebut akan dilakukan secara continue dan massive,Narapidana dan pegawai yang terlibat narkoba atau kedapatan memasukkan barang terlarang ke dalam Rumah Tahanan Negara (Rutan) akan ditindak tegas sebagaimana ketentuan yang berlaku.

Budi Suharto menegaskan upaya-upaya pemberantasan peredaran gelap narkoba juga telah dilaksanakan rutin di Rutan Pelaihari dengan melakukan penggeledahan barang dan badan kepada petugas dan pengunjung ketika akan melewati pintu 2. Petugas dan pengunjung juga diperintahkan untuk tidak boleh membawa handphone melewati pintu 2, yakni disediakan loker untuk menyimpan handphone.

“Kami belum menemukan indikasi peredaran narkoba, namun kami akan tetap waspada sekaligus menjalankan arahan dari Dirjen Pemasyarakatan dengan penuh integritas. Bagaimanapun juga, petugas harus menanamkan sikap ‘jangan-jangan’ untuk mencegah pelbagaipelanggaran di dalam Rutan,” tutup Budi Suharto.

Selain ke seluruh Blok dan kamar hunian Tahanan dan Narapidana razia juga menyisir seputaran blok. Pada akhir kegiatan digelar hasil penggeledahan dan hasilnya tidak ditemukan Narkoba dan HP tapi ditemukan gunting kecil,sabuk,2 buah sendok stenlis,mancis,paku, Mp3 dan bateray yang semuanya disita untuk dimusnahkan. Kegiatan berjalan aman, lancar dan tertib. ( Dewa Bhagaskarra/lly).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *