Walhi Minta Debat Capres Lebih Peduli Lingkungan

BANJARBARU, AMACOMEDIA.COM – Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Kalimantan Selatan meminta debat calon presiden dan wakil presiden lebih peduli terhadap isu lingkungan termasuk yang terjadi di provinsi setempat.

Direktur Walhi Kalsel Kisworo Dwi Cahyono di Kota Banjarbaru, Kamis mengatakan, isu lingkungan masih menjadi isu pinggiran, serta jauh dari perdebatan di ruang publik apalagi referensi menentukan pilihan politik.

“Makanya kami menggugat  capres dan cawapres serta calon legislatif agar isu lingkungan di Kalimantan, khususnya gerakan penyelamatan Meratus menjadi isu utama yang harus diangkat,” ungkapnya.

Pernyataan itu disampaikan pada dialog terkait nasib lingkungan hidup di tahun politik 2019 dengan tema Menggugat Hilangnya Konten Ekologi dalam kampanye capres di media sosial dihadiri LSM dan organisasi mahasiswa.

Ia mengharapkan, siapa pun yang terpilih sebagai pemimpin negara diharapkan peduli lingkungan hidup di Kalsel terutama di kawasan pegunungan Meratus yang harus bersih dari izin-izin tambang, sawit, HPH maupun HTI.

Firdaus Cahyadi dari LSM Satu Dunia mengatakan, capres dan cawapres nomor urut 01 dan 02 sama-sama minim membahas isu lingkungan selama kampanye terutama pada debat kedua.

Hasil pantauan, capres-cawapres 01, hanya 15 kali melontarkan masalah lingkungan dan capres 02, hanya 11 kali membicarakan isu lingkungan hidup dalam kampanye disiarkan televisi nasional itu.

“Kami menemukan fakta yang sangat miris karena persoalan lingkungan kalah dengan isu ekonomi secara kuantitatif. Dilihat secara kualitatif isu ekonomi pada kampanye tidak perspektif isu lingkungan,” ujarnya.

Sementara Kader Politik Lingkungan Hidup Berry Nahdian Forqan mengatakan, pendidikan politik penting diberikan kepada publik, agar mereka bisa memilih capres dan cawapres serta caleg yang peduli terhadap persoalan lingkungan.

“Melihat situasi yang berkembang sekarang ini, persoalan lingkungan bisa menjadi agenda capres maupun caleg untuk dijadikan prioritas agar lingkungan hidup di Indonesia tetap baik dan lestari,” kata dia.

Sekjen Parlemen Jalanan Edy Prawira Raharja mengatakan, isu lingkungan di Kalsel cukup sulit diangkat capres 01 dan 02 tetapi bagi caleg DPRD, DPR RI dan DPD masih bisa untuk memainkan isu lingkungan itu.(dfa/red)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *